Sabtu, 05 Mei 2012

Ubuntu

Ubuntu merupakan distro linux dengan jumlah pengguna terbanyak didunia, setidaknya selalu dalam posisi 5 besar dalam 1tahun terakhir di distrowacth.com. Khusus untuk Indonesia, Ubuntu merupakan distro pavorit setelah distro lokal yaitu BlankOn Linux yang mengusung konten serta bahasa Indonesia.
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang diturunkan dari Linux Debian dan didistribusikan sebagai software bebas dan terbuka. nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “Kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal dan tampilanya telah di atur ulang hingga benar-benar nyaman dipakai, kendati versi akhir-akhir ini banyak celoteh para pemerhati Ubuntu mengatakan telah mendekati tampilan dari Mac OS X milik Apple inc. Namun, meski demikian Ubuntu tetaplah Ubuntu yang tidak bisa dipisahkan dari kata Linux

Android

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Ubuntu Pada Perangkat Android

Bagaimana kalau Ubuntu kita jalankan dalam sebuah perangkat sekelas handphone ? apakah akan sangat keren bukan ? Ya benar akan sangat keren, bukan karena tampilan Ubuntu melainkan karena biasanya Ubuntu untuk komputer dengan spesisfikasi diatas perangkat mobile.

Fitur-fitur yang tersedia :
  • Run Ubuntu within Android.
  • Access to both Android & Ubuntu at same time.
  • Highly optimized for ARM devices.
  • LXDE Desktop (very lightweight)
  • Ubuntu update manager, Software centre fully operational.
  • File system access: Ability to access files on your SD card and internal memory from Ubuntu.
  • Set resolution: Ability to set screen size on boot (you no longer have to download a certain image for different screen sizes!)
  • Choose Ubuntu Installation type: ‘large’ and ‘lightweight’
Lihat video nya dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar