Sabtu, 05 Mei 2012

Masalah Instalasi WordPress 2.6 di Subdomain

Ketika akan membuat PhotoBlog, saya memutuskan menggunakan subdomain saja daripada beli domain lagi, karena ini kan buat hobi saja :mrgreen: . Kebetulan WordPress versi terbaru (2.6) baru diluncurkan. Jadi saya pun memutuskan (lagi) untuk pakai WordPress 2.6 ini.
Setelah saya set subdomainnya, lalu upload WordPress 2.6, lalu saya akses http://photoblog.jimmysun.net, langsung timbul keanehan, karena yang muncul di browser bukannya instalasi WordPress, melainkan blog ini (http://www.jimmysun.net)!
Seumur-umur berkutat dengan yang namanya domain, baru sekarang menemukan kasus aneh seperti ini, yang diakses adalah subdomain, tapi yang kebuka adalah main domain. Saya cek apakah subdomain ini di-redirect, ternyata tidak. Saya pun langsung kontak support hosting saya via live chat. Mereka pasti sudah kenal saya karena sering banget kontak mereka begitu ada masalah sedikit saja :whistling:
Saya jelaskan sama si bule masalah yang terjadi, dan dia pun langsung meneruskan masalah ini ke bagian tekniknya. Tak lama kemudian saya email-emailan sama si orang tekniknya ini. Dia pun tampak kebingungan, sampai minta username dan password login cPanel saya, yah gimana lagi, supaya cepet beres saya kasih aja :fingercross:
Dia coba membuatkan redirect, tapi saya menolaknya karena saya keukeuh bahwa blog ini harus diakses dengan alamat http://photoblog.jimmysun.net, sampai setelah 8 kali saling bertukar email, dia mengatakan “please re-install your wordpress.” Di sini saya langsung berpikir jangan-jangan si WordPress yang bikin masalah.
Ternyata benar! Kalau saya akses http://photoblog.jimmysun.net/readme.html, berhasil sebagaimana mestinya, tapi kalau saya akses http://photoblog.jimmysun.net masih menuju ke http://www.jimmysun.net.
Saya coba langsung akses ke URL untuk install WordPress-nya (di dalam wp-admin), ternyata dibilang bahwa WordPress sudah terinstall! :roll: Tambah pusing deh, sudah terinstall dari mana coba?? Trus bagaimana akhirnya bisa berhasil install WordPress 2.6 nya? Caranya, saya install dulu pake WordPress 2.5.1 di subdomain itu, yang ternyata berhasil :thumb3: dan kemudian saya upgrade ke versi 2.6 menggunakan plugin Instant Upgrade.
Teman-teman ada yang install langsung WordPress 2.6 di subdomain (bukan upgrade)? Apa mengalami masalah serupa? Atau lancar-lancar saja? Hmm.. aya aya wae si WordPress teh :tongue3:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar