Sabtu, 05 Mei 2012

Hati-hati Upgrade Plugin Otomatis di WordPress 2.5

WordPress 2.5 memang memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan dibandingkan versi sebelumnya. Kelemahan yang paling menyebalkan buat saya adalah hilangnya drag and drop untuk widget. Sedangkan salah satu keunggulannya yang menyenangkan adalah fasilitas upgrade plugin otomatis ke versi terbaru (asalkan plugin itu terdaftar di wordpress.org).
Tapi kemarin saya mengalami hal yang aneh dengan fitur ini, ketika saya upgrade otomatis plugin, wordpress salah upgrade! Plugin lama hilang, dan malah muncul plugin baru yang sebelumnya tidak saya pakai.
Ceritanya begini, saya baru pasang plugin WP-PostViews buatan Lester ‘GaMerZ’ Chan, versi 1.20. Ketika saya masuk ke halaman plugin, di bawah plugin WP-PostViews Widget ada pemberitahuan bahwa ada versi terbaru dari plugin ini:
There is a new version of WP-PostViews Widget available. Download version 2.20 here or upgrade automatically.
Karena telah merasakan fitur automatic upgrade yang begitu menyenangkan sebelumnya, saya langsung klik upgrade automatically. Namun apa yang terjadi? Setelah disebutkan bahwa proses upgrade telah sukses, plugin WP-PostViews itu malahan hilang dan muncul WP-DBManager!
Sial! Ternyata si WordPress salah upgrade! Saya gak tau apakah WordPress yang salah, atau plugin WP-PostView yang salah menyebutkan dirinya sebagai WP-DBManager. Terpaksa saya upload ulang WP-PostViews, dan setelah saya cek, ternyata versi 1.20 adalah versi yang terbaru, tidak ada itu versi 2.20 untuk plugin ini.
Nah, salah satu cara untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan mengecek terlebih dulu apakah link yang ada di pemberitahuan mengenai adanya versi terbaru itu betul-betul nge-link ke plugin yang benar. Dalam kasus saya, ternyata link di tulisan Download version 2.20 here itu nge-link ke plugin WP-DBManager, bukan nge-link ke WP-PostViews.
wordpress auto upgrade error
Memang tidak fatal, karena kita bisa upload dan activate ulang plugin yang hilang itu. Tapi tetep aja kan repot :(
Related article:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar