Menyerang
1. Kecenderungan Untuk Lari Maju Menyerang (Overlap)
Hal ini akan terlihat jelas pada posisi Side Defender (SD) di PES 2012 yang selalu termotivasi untuk maju untuk membantu menyerang. Sekilas hal ini sepertinya sama seperti yang sudah terprogram dari seri Pro Evolution Soccer sebelumnya, namun menjadi perbedaan AI seri PES 2012 dengan PES 2011 adalah saat kapan SD akan mulai lari maju, dan ke arah mana dengan akselerasi lari secepat apa SD tersebut akan maju bergerak.
Active AI akan membuat SD cenderung overlap mencari sisi yang kosong dengan cara
lari maju dan melebar. Posisi lain yang memiliki pergerakan paling
serupa atau setipe dengan SD adalah posisi Side Midfielder (SM) dan Wing
Back (WB) di lapangan tengah. Perbedaannya hanyalah pergerakan SM lebih
kompleks karena kondisi jumlah dan keberadaan pemain lawan dan teman di
sekitar SM cenderung lebih dinamis dan berbeda-beda.
Dalam pertandingan PES 2012,
manfaatkan posisi-posisi ini untuk mencari posisi melakukan crossing
yang tepat atau memaksa lawan melebar juga sehingga ada celah di tengah
pertahanan lawan.
Berikut video tutorial singkat mengenai pergerakan maju / overlap ini
2. Gerakan Diagonal Mencari Posisi dan Celah Kosong
Pada PES 2012 ini, para penyerang dan pemain tengah akan ikut terus bergerak mencari celah kosong. Yang menjadi perbedaan dengan seri Pro Evolution Soccer sebelumnya adalah kemampuan mencari celah dengan melakukan pergerakan arah diagonal.
Pada seri PES 2011, pemain hanya cenderung bergerak maju dan mundur saja. Penyerang di PES 2011 akan cenderung diam atau bergerak sedikit ke kiri atau ke kanan sedangkan Di PES 2012,
AI akan meminta penyerang aktif mencari tempat kosong, termasuk
bilamana diperlukan untuk menusuk ke sektor pertahanan dengan arah diagonal.
Fitur
baru pada AI ini membuat opsi umpan terobosan menjadi salah satu
gerakan favorit untuk menciptakan peluang emas mencetak gol. Dengan
demikian, kita tidak terpaku untuk mengandalkan kecepatan ataupun body balance seperti di PES 2011.
3. Pergerakan Tipuan (Dummy Runs)
Inti poin no 3 ini sebenarnya serupa dengan poin no 2, AI PES 2012
akan memerintahkan penyerang untuk bergerak secara aktif mencari bidang
kosong. Secara tidak langsung pemain bertahan lawan akan menempel
penyerang kita dan akhirnya posisi pertahanan lawan dapat bergeser dan
meninggalkan celah baru.
Dalam video offical PES 2012, hal ini disebut dummy runs (pergerakan tipuan). Di versi PES 2011 hal ini sudah ada, tapi terbatas untuk pemain-pemain tertentu yang memiliki skill card / spesialisasi dummy runner. di PES 2012
ada yang tetap memiliki spesialisasi dummy runner, tapi pergerakan
tipuan ini tidak terbatas dilakukan oleh mereka saja. Hanya saja bagi
pemain yang memiliki spesialisasi dummy runner, intensitas dan kualitas
mereka dalam membuka pertahanan lawan akan berbeda.
Ringkasan:
Secara umum, ketiga hal di atas itu dapat dirangkum sebagai berikut:
Pemain lain akan aktif bergerak mencari ruang selang 1-2 detik setelah kita menahan/membawa bola.
Pemain
lain aktif mencari ruang atau celah kosong, jangan berharap mereka akan
diam dan kita yang membawa bola yang mencari celah
Pergerakan pemain dalam mencari ruang tidak kaku sebatas maju atau mundur saja.
Kita tidak perlu terus-menerus memaksa pemain depan (penyerang) untuk terus nge push bek-bek lawan seperti di PES 2011. Serangan lebih mudah dibangun dari tengah.
Bertahan
1. Zonal Defense
Zonal defense (pertahanan daerah) adalah pergerakan pemain saat bertahan, dimana dia
akan bergerak berdasarkan zona (daerah) penempatan dia. Dasar dari zona
(daerah) tersebut adalah formasi apa yang digunakan dan posisi apa
diberikan kepada dia.
Secara garis besar sistem zonal defense pada PES 2012 tidak berbeda dengan PES 2011. Perbedaan mendasar hanya terdapat pada barisan midfileder (pemain tengah) saja.
Pada PES 2011,
posisi penyerang – pemain tengah – dan para bek cenderung terdistribusi
proporsional, sehingga sering kali sering ada kasus pemain lawan mudah
masuk dan menerima bola diantara para bek dan pemain tengah kita. Hal
ini membuat beberapa dari kita tidak bisa bermain tanpa pemain berposisi
DMF (Defensive Mid Fielder). Alternatif solusinya adalah menyetting
tactics khusus seperti mengurangi player support, menaikan defensive
line, atau meningkatkan pressing.
Pada PES 2012, permasalahan ini sudah dipelajari dan dipecahkan. Active AI dari PES 2012 akan menyusun barisan pemain tengah berdasarkan defensive line kita, bukan berdiri proporsional antara bek dan striker.
Satu sisi hal ini memberikan keleluasaan lebih untuk membangun serangan
tanpa harus takut akan serangan balik fatal ke tengah. Pada PES 2012 ini juga formasi akan lebih rapi, pemain-pemain akan cepat dan disiplin menjaga zona nya.
2. Zonal Marking
Zonal
marking adalah pergerakan para pemain bertahan berdasarkan zona
(daerah) dia. Sebenarnya berdasarkan arti kata, zonal marking dan zonal
defense dapat diartikan sama saja, tapi dalam pembahasan kita di
postingan ini, zonal defense lebih mengarah kepada golongan pemain
(peneyerang – pemain tengah – bek / defender) dan zonal marking lebih ke
arah individu yang sedang bertahan.
Berdasarkan penamaan
tersebut, maka kita sudah dapat memahami bahwa bilamana ada pemain lawan
memasuki zona pemain kita, pemain kita tersebut akan memarking dia
secara individu man to man sampai pemain lawan tersebut meninggalkan
zona tersebut.
Ringkasan
Pemain-pemain di PES 2012 akan
lebih disiplin dalam bertahan, sehingga kita tidak terpaku perlu
tactics tertentu yang harus dibakukan atau ketergantungan akan posisi
bertahan tertentu seperti DMF
Adanya sistem zonal marking di
pertahanan kita mendukung sistem counter attack, karena ketika kita
berhasil merebut pemain, pemain kita lainnya masih tersusun rapi berada
dalam zona mereka sehingga mudah dioper.
Zonal defense dan zonal
marking bukan sebuah solusi paten pertahanan tanpa celah. Gap / lobang
pertahanan tetaplah ada karena para pemain pemain bertahan tetap bisa
terpancing oleh dummy runner, atau bilamana ada 2 pemain lawan yang
masuk ke zona pemain bertahan tertentu, biasanya karena diagonal run, pemain bertahan itu akan man marking salah satunya saja sehingga ada 1 pemain lawan yang lepas.
Zonal
marking menyebabkan lawan jarang terjebakan offside. Sudah banyak para
pemain yang kami ajak diskusi mengutarakan kekecewaan mereka karena
pelanggaran offside menjadi langka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar